Keunggulan Prabowo-Sandi dibandingkan Jokowi-Maruf

Pengamat menilai pasangan Capres-Cawapres Prabowo-Sandi memiliki keunggulan bila dibandingkan dengan Jokowi-Maruf Amin.

Pengamat Politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun menilai pasangan Prabawo-Sandi memiliki modal besar yang dianggap mampu mengejar elektibilitas pasangan Jokowi-Maruf. / Antara Foto

Pengamat menilai pasangan Capres-Cawapres Prabowo-Sandi memiliki keunggulan bila dibandingkan dengan Jokowi-Maruf Amin. 

Sejumlah lembaga survei mulai melakukan kajian elektabilitas Capres-Cawapres setelah kedua pasangan mendaftar secara resmi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Hasilnya pun beragam. Selisih elektabilitas yang dihasilkan sejumlah lembaga survei berbeda. Ada yang terpaut jauh, ada pula yang menempel ketat. Namun, rata-rata menunjukkan pasangan Jokowi-Maruf Amin masih unggul ketimbang pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Pengamat Politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun menilai pasangan Prabawo-Sandi memiliki modal besar yang dianggap mampu mengejar elektibilitas pasangan Jokowi-Maruf. Kelebihannya antara lain, sosok Sandiga Uno lebih muda dari Maruf Amin, sehingga dianggap lebih unggul dalam melakukan mobililtas sosial.

"Sosok Sandi itu secara fisik lebih muda, kesiapan fisik dalam melakukan mobilitas sosial, untuk melakukan aktivitas yang berkaitan dengan basis pemilih itu akan lebih banyak Sandi dari pada Maruf Amin. Pemilih kita itu tertarik dengan orang yang kerap mengunjungi tempat mereka, itu poin yang tak dimiliki Jokowi-Maruf Amin," paparnya di Wisma Antara, Jakarta, Selasa (4/9).