Percepat program TV digital, Kominfo sediakan 1 juta unit STB

Menurut Johnny, saat ini seluruh perangkat televisi yang dimiliki masyarakat belum sepenuhnya digital.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate. Foto: Kominfo.go.id

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menenkankan pentinganya koordinasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan penyelenggara multipleksing sangat dibutuhkan untuk mempercepat pelaksanaan program pengentian penuh siaran televisi analog atau Analog Switch Off  (ASO). 

Menurut Johnny, saat ini seluruh perangkat televisi yang dimiliki masyarakat belum sepenuhnya digital. Oleh karena itu, pemerintah mengambil kebijakan untuk menyediakan perangkat STB agar perangkat televisi analog atau tabung dapat menerima layanan siaran televisi digital.

"STB ini disediakan melalui dua kategori. Kategori yang pertama adalah keluarga yang dikategorikan sebagai televisi nondigital milik masyarakat miskin. Itu disediakan oleh penyelenggara multipleksing yaitu dua belas stasiun siaran televisi," ujar Johnny dalam keterangannya, Sabtu (5/6).

Apabila terdapat kekurangan STB bagi masyarakat, maka pemerintah akan membantu penyediaannya untuk masyarakat miskin. Menurut dia, Kemenkominfo menyediakan satu juta unit  Set-Top-Box (STB) bagi masyarakat.

"Terkait dengan pengadaan dan distribusi STB, dapat saya sampaikan bahwa pemerintah melalui Kominfo telah menyediakan satu juta unit STB yang saat ini sedang dilakukan distribusinya, dipasang pada perangkat televisi masyarakat yang belum digital," kata Menkominfo.