Kongres PAN akan digelar di Kendari pada 10-12 Februari

Ada dua alasan di balik penetapan lokasi forum tertinggi "partai matahari terbit" tersebut.

Ketua Majelis Kehormatan PAN, Amien Rais (keempat kiri), bersama dengan Ketua Umum Zulkifli Hasan (kelima kanan) dan jajaran pengurus membuka Rakernas V PAN di Jakarta, Sabtu (7/12/2019). Foto Antara/Reno Esnir

Partai Amanat Nasional (PAN) berencana menggelar kongres V di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), pada 10-12 Februari 2020. Keputusan diambil dalam rapat internal.

"Tempat dan waktu kongres sudah diputuskan di internal partai. Melalui mekanisme organisasional," ujar Wakil Ketua Umum DPP PAN, Totok Daryanto, saat dihubungi di Jakarta, Minggu (26/1).

Keputusan tersebut, terangnya, sesuai Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN, Desember 2019. Dalam forum itu, kongres selambat-lambatnya diadakan Maret.

"Waktu kongres sudah disepakati dalam Rakernas PAN. Ketua Umum sudah keluarkan SK (surat keputusan) yang disetujui Amien Rais sebagai Ketua Dewan Kehormatan," tuturnya.

Salah satu agenda kongres, adalah memilih ketua umum. Beberapa kader digadang-gadang sebagai pucuk pimpinan. Seperti petahana, Zulkifli Hasan; eks Ketua Fraksi PAN DPR, Mulfachri Harahap; serta bekas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur.