Langkah cerdas Gerindra lobi Megawati untuk posisi Ketua MPR

Megawati memegang kendali parlemen karena PDI P mendapat jatah 128 kursi.

Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) saat pertemuan di FX Senayan, Jakarta. Antara Foto

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studie, Jerry Massie, menyebut kunjungan Prabowo Subianto ke kediaman Megawati Soekarnoputri merupakan upaya Partai Gerindra melobi PDI Perjuangan untuk mendapatkan posisi Ketua MPR. 

"Pertemuan ini merupakan jilid kedua usai rekonsiliasi. Bisa saja Gerindra melobi PDIP untuk kursi MPR. Atau ada komunikasi politik yang tak akan diumbar ke publik," kata Jerry di Jakarta, Rabu, (24/7).

Jerry menilai, pertemuan Prabowo dan Megawati layak ditunggu. Keduanya yang tidak memiliki konflik itu malah sempat berpasangan pada Pilpres 2009 silam. Pertemuan antara kedua tokoh nasional tersebut menunjukkan Gerindra akan benar-benar merapat ke koalisi pemerintah Jokowi-Ma’ruf.

"Jadi, sudah kuat isyarat Gerindra bakal merapat ke kubu koalisi Jokowi-Ma'ruf," ucap Jerry.

Menurut Jerry, upaya Prabowo Subianto yang mendatangi Megawati Soekarnoputri merupakan langkah tepat untuk masuk ke dalam koalisi pemerintahan Jokowi. Terlebih kendali parlemen ada di tangan Megawati karena PDI Perjuangan keluar sebagai pemenang Pemilu 2019.