LSI Denny JA: Prabowo dan Gerindra unggul di Jabar

Dukungan kepada Prabowo menurun ketika dipasangkan dengan Menteri BUMN, Erick Thohir.

Hasil survei LSI Denny JA menyebutkan, elektabilitas Prabowo dan Gerindra mengungguli para pesaingnya di Jawa Barat (Jabar). Dokumentasi Kemhan

Elektabilitas calon presiden (capres) Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto, disebut unggul di Jawa Barat (Jabar) dengan 46,1%. Urutan berikutnya, berdasarkan hasil riset Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, ditempati capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan, 29,3%, dan capres Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo, 18,4%.

Saat Prabowo berpasangan dengan Menteri BUMN, Erick Thohir, dukungan kepadanya di "Bumi Pasundan" turun ke 43,4%. Anies pun susut menjadi 25,5% ketika berpasangan dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA, Toto Izul Fatah, mengungkapkan, tren berbeda bagi Ganjar ketika berpasangan dengan Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ridwan Kamil, lantaran naik ke 24,8%. Pun demikian kala berduet dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, tingkat keterpilihannya mencapai 20%.

Lebih jauh, ia berpendapat, Prabowo teratas karena unggul sejak Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 dan 2019 dan mesin Partai Gerindra sudah relatif bergerak. "Ditambah lagi ada pergerakan Dedi Mulyadi yang cukup masif dan all out mengampanyekan Prabowo dengan serangkaian event budayanya di sejumlah titik di Jawa Barat."

Sementara itu, kenaikan elektabilitas Anies dan Ganjar disebabkan mulai masifnya aneka atribut di ruang publik. Kemudian, pengetahuan publik makin luas terhadap nama-nama para capres, termasuk via media sosial.