Makna di balik kampanye "mondok"  ala Ganjar 

Ganjar kian sering menginap di rumah warga di berbagai daerah. Blusukan model itu dinilai efektif menjaring simpati.

Bacapres Ganjar Pranowo menginap di rumah warga di Way Jepara, Lampung Timur, akhir Oktober 2023. /Foto Instagram @ganjar_pranowo

Bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo kembali melanjutkan blusukan bergenre "mondok" di rumah warga setempat. Teranyar, Ganjar menginap di rumah warga bernama Sutrisni di Desa Trikoyo, Tugumulyo, Musi Rawas, Sumatera Selatan. 

"Karena persaudaraan akan mengalahkan segalanya. Terima kasih saudara-saudaraku warga Tugu Mulyo Musi Rawas Sumsel atas sambutannya yang luar biasa. Selalu ada cinta di antara kita," tulis Ganjar di akun Instagram terverifikasi, @ganjar_pranowo. 

Dalam video yang diunggah di akun itu, Ganjar tak sekadar makan dan tidur. Ia juga menghabiskan malam dengan berdiskusi dan mendengarkan keluhan warga setempat. Sebelum pamit, Ganjar tak lupa sarapan bersama keluarga pemilik rumah. 

"Seperti mimpi saya idola saya datang ke rumah kami. Padahal, rumah kami bukan yang terbagus di daerah sini... Mudah-mudahan idola kami jadi idola semua rakyat Indonesia juga," kata Sutrisni, sang pemilik rumah. 

Sejak resmi ditetapkan sebagai bacapres dari PDI-Perjuangan, Ganjar terlihat kian rutin mondok di rumah warga. Ia tercatat pernah menginap di rumah warga di desa-desa di Tasikmalaya dan Bandung, Jawa Barat serta Way Jepara, Lampung Timur.