Survei LSJ: Mayoritas pendukung Jokowi ingin Prabowo duet dengan Ganjar

Gabungan dua tokoh yang konon sama-sama di-endorse Presiden Jokowi itu, berpotensi memenangkan Pilpres 2024.

Kolase foto Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto Alinea.id.

Hasil survei Lembaga Survei Jakarta (LSJ) menyebutkan, mayoritas pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019 menginginkan Prabowo Subianto berpasangan dengan Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024. Jika ini terjadi, gabungan dua tokoh yang konon sama-sama di-endorse Presiden Jokowi itu berpotensi memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran saja.

LSJ melakukan analisis secara cross-tabulation, untuk mengetahui kemana pendukung Jokowi pada Pilpres 2019 akan mengarahkan pilihannya pada Pilpres 2024. Hasilnya, sebanyak 34,2% pendukung Jokowi mengaku akan memilih Prabowo Subianto.

Lalu sebanyak 32,4% mengarahkan pilihannya pada Ganjar Pranowo dan 14,8% menjatuhkan pilihan pada Anies Baswedan. Sisanya (18,6%) memilih tokoh-tokoh lain dan sebagian dari mereka belum bisa menentukan pilihan (undecided).

"Data tersebut mengindikasikan bahwa sinyal-sinyal endorsement dari Presiden Jokowi kepada Prabowo Subianto dalam berbagai kesempatan, tampaknya cukup efektif memengaruhi para pendukungnya dalam menentukan pilihan jelang Pilpres 2024," ujar Direkatur Eksekutif LSJ Fetra Ardianto dalam pemaparan survei, Rabu (7/12).

Ketika LSJ menanyakan kepada responden, seandainya Prabowo Subianto menjadi capres, siapakah yang paling cocok menjadi cawapresnya, sebanyak 26,5% menyebut nama Ganjar Pranowo. Nama lain yang juga disebut responden cocok mendampingi Prabowo adalah Ridwan Kamil (24,8%), dan Sandiaga Uno (20,6%).