Menebak langkah Partai Demokrat paskapemilu

Partai Demokrat kerap melakukan manuver politik paskapilpres 2019.

Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Istana Bogor, Rabu (22/5)./AntaraFoto

Politikus Partai Demokrat Roy Suryo masih irit bicara soal langkah Demokrat apakah akan bergabung ke koalisi pendukung Jokowi atau tidak. Menurut mantan Menteri Pemuda dan Olaharah itu, Demokrat masih menunggu keputusan dari majelis tinggi.

"Sebaiknya kita tunggu saja sikap resmi dari Majelis Tinggi PD atau minimal Sekjen dalam menentukan sikap resmi PD ke depannya," kata Roy saat dihubungi reporter Alinea.id, Jakarta, Sabtu (8/6).

Partai Demokrat kerap melakukan manuver politik paskapilpres 2019. Setidaknya, terjadi intensitas pertemuan anak sulung Susilo Bambang Yudhoyono dengan petinggi partai termasuk Presiden Jokowi yang menimbulkan spekulasi politik.

Di internal koalisi pendukung Prabowo, Demokrat kerap melontarkan pernyataan yang tidak menguntungkan bagi koalisi adil makmur. Sementara itu, di kubu 01 juga mendesak Demokrat segera menentukan pilihan politinya.

Direktur eksekutif Lingkar Madani untuk Indonesia Ray Rangkuti melihat, pertemuan AHY dengan sejumlah tokoh politik seperti Megawati, BJ Habibie tak bisa dipandang pertemuan rekonsiliatif antara pasangan capres 01 dan 02.