Menhan pastikan Wakil KKIP tidak berpihak

Ryamizard dengan lantang membantah adanya keberpihakan KKIP terhadap salah satu pasangan calon (paslon) Presiden-Wakil Presiden 2019 itu.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu./Kudus Purnomo/Alinea.id

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu memastikan terpilihnya Wakil Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) Mayjen (Purn) Yusuf Solichin tidak ada motif politis. Sekalipun, salah satu pucuk pimpinan KKIP tersebut dianggap memiliki hubungan cukup dekat dengan sosok Prabowo Subianto capres nomor urut 2.

Ryamizard mengatakan terpilihnya Yusuf Solichin tersebut didasari dengan cara musyawarah. Apalagi terpilihnya Yusuf disaksikan sendiri olehnya selaku Menteri Pertahanan dan jajaran struktur organisasi di KKIP.

"Itu ada menteri sebagai anggota. Kalau bukan anak buah sendiri, kurang efektif. Kalau anak buah saya sendiri, saya marah-marah bisa kan," kata Ryamizard Ryacudu di Kantor Kementerian Pertahanan, Jalan Merdeka Barat,Selasa(23/10).

Kendati telah terpilih, Ryamizard mengaku belum mengetahui secara persis kapan para pengurus baru itu dilantik. Menhan menjelaskan alasan belum bisa memastikan waktunya karena terkendala agenda kerja ke luar negeri.

"Tergantung sayanya mau kapan, bisa besok atau Minggu depan dan depannya lagi, kalau besok saya harus ke China," ujar Ryamizard