Menimbang sosok pengganti Sandiaga di DKI

Sejumlah nama digadang-gadang akan menjadi pengganti Sandiaga, mulai Agus Heryawan hingga politisi Gerindra M. Taufik.

Mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan digadang-gadang menjadi kandidat kuat pengganti Sandiaga Uno di DKI Jakarta./ Antarafoto

Ketua DPP PKS Aboe Bakar Alhabsy menyebut, nama Agus Heryawan (Aher) dan M Taufik tengah digodok dalam koalisi partai pendukung Prabowo-Sandi. Mereka dipertimbangkan mengisi kursi DKI-2, usai Sandiaga hengkang dan mencalonkan diri sebagai cawapres pendamping Prabowo.

"Nama-nama itu tetap muncul, tapi untuk putuskan, kita tunggu saja," paparnya saat menemani Prabawo dan Sandi menjalankan tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Senin (13/8).

Menurut Aboe, semua nama berpeluang mengisi posisi Sandi di DKI Jakarta. Namun, siapa saja yang digadang-gadang menjabat Wagub mesti melewati proses komunikasi dengan Anies Baswedan. Pasalnya, kandidat terpilih akan intens bersama Anies membenahi Jakarta. Oleh karena itu, pendapat Anies menjadi penting, guna menilai tingkat kecocokan ini.

"Hal itu pasti, kan melihat gimana orang itu cocok tidak sama dia, bisa tidak saling pengertian dalam bidang, misalnya soal-soal administrasi, keuangan SKPD, dan sebagainya. Pasti (Anies) akan mencari orang yang lebih teknis," terangnya.

Aboe menegaskan, PKS akan legawa menerima keputusan apapun dari para partai pengusung Anies-Sandi. Namun, sebelum mencari deretan nama yang cocok, pihaknya akan berkonsultasi pada Prabowo Subianto. "Yang jelas PKS tidak keberatan kalau dikasih kesempatan, tapi kita juga legawa, kalau dikasih kesempatan yang lain. Prabawo itu bijaklah, pasti orang juga berpikir PKS dapat apa saat ini," jelasnya.