Misteri penggalangan dana Prabowo-Sandiaga Uno

Masih ingat video Prabowo Subianto saat mengumumkan penggalangan dana melalui Facebook? Bagaimana kabar perolehan dananya?

Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno melaporkan dana awal kampanye mencapai Rp2 miliar. Sandiaga menyebut, dana itu berasal darinya dan Prabowo masing-masing Rp1 miliar. / Facebook

Masih ingat video Prabowo Subianto saat mengumumkan penggalangan dana melalui Facebook?

Pada Kamis (21/6), Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto mengumumkan gerakan donasi melalui akun Facebook pribadi. 

Saat itu, Prabowo mengajak simpatisan untuk memberikan donasi guna mendukung perjuangan politik. Demokrasi berbiaya tinggi dinilai membuat pihak pemilik modal besar atau didukung cukong yang akan menang.

"Kita korbankan sedikit harta kita, harta senilai sebungkus rokok atau dua bungkus mi instan kita. Kita biayai sendiri calon-calon pemimpin kita yang bersih, cerdas dan berintegritas. Kita kalahkan kandidat calon pemimpin yang zalim dan tersandera kepentingan pemodal," ujar Prabowo saat itu.

Kala itu, Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Arief Poyuono menyebut target perolehan fund rising mencapai Rp10 triliun. Dana itu disebut-sebut akan disimpan di dalam rekening partai untuk keperluan kampanye.