NasDem, Demokrat, dan PKS akan capreskan Anies Baswedan: Sudah 99%

"Secara logika politik, yang paling memungkin, kan, ya, Anies Baswedan."

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan., memberikan keterangan kepada awak media usai diperiksa KPK terkait kasus dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E Jakarta 2022 di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, pada Rabu (7/9/2022). Alinea.id/Gempita Surya

Partai NasDem mengisyaratkan akan mengusung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Peluangnya disebut lebih besar daripada dua nama lain yang masuk radar partai besutan Surya Paloh ini: Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa.

"Kandidat capres yang akan diusung Partai NasDem itu ada tiga, kan, sejak awal, Pak Andika Perkasa, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Secara logika politik, yang paling memungkinkan, ya, Anies Baswedan dan memang akan diumumkan," kata politikus Partai NasDem, Zulfan Lindan, Selasa (27/9).

Bahkan, ungkapnya, Anies juga bakal diusung sebagai capres oleh Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). "Anies Baswedan capres Partai NasDem, PKS, dan Partai Demokrat. Sudah 99%."

Deklarasi pengusungan Anies bakal disampaikan pada 10 November 2022. Selain itu, Partai NasDem, PKS, dan Partai Demokrat juga disebut telah menyepakati soal siapa calon wakil presiden (cawapres) yang dijagokan.

Zulfan menambahkan, pengumuman nama cawapres akan diumumkan secara langsung atau bersamaan jika selesai dibahas. "Soal cawapres sudah selesai, ya. Ya, [diumumkan] bareng-bareng. Tapi, kalau belum, kan, bisa dilanjutkan lagi," ucapnya.