PAN belum bisa pastikan adanya koalisi baru

PAN sudah mengambil keputusan bulat yakni berada di luar pemerintahan. 

Waketum PAN Hanafi Rais.hanafirais.id

Waketum PAN Hanafi Rais membuka pintu selebar-lebarnya apabila Paloh ingin mengunjungi Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Menurut dia, safari politik Paloh merupakan hal wajar. Namun soal koalisi baru, Hanafi tidak bisa memastikan apakah akan mengerucut kepada kesepakatan.

"Apakah akan membentuk koalisi baru atau yang lain, kami belum tahu. Wong belum ketemu," kata Hanafi di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (1/11).

Hanafi mengatakan PAN sudah mengambil keputusan bulat yakni berada di luar pemerintahan. Namun demikian, dia berharap agar pemerintah tetap menerima berbagai masukan dari oposisi sebagai wujud komitmen bersama membangun bangsa dan negara.

"Kami harapkan pemerintah mendengarkan masukan, mendengarkan tawaran alternatif kebijakan lain, kemudian lahir dengan sintesis baru, itu tentunya lebih bijaksana," pungkas Hanafi.

Sementara Peneliti dan pengamat politik Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Arya Fernandes menilai Partai Nasional Demokrat (Nasdem) tengah berupaya memainkan politik abu-abu, menyusul pertemuan yang dilakukan ketua umum Surya Paloh dengan Partai Keadilan Sejahtera.