Menimbang peluang Demokrat dan PAN masuk kabinet Jokowi

Elite partai yang dulu berseberangan, kini terlihat mesra dan memberi sinyal untuk bergabung dalam koalisi Jokowi. Bagaimana peluangnya? 

Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyapa peserta pembekalan Anggota Legislatif Partai Demokrat di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Selasa (10/9)./ Antara Foto

Menjelang pelantikan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024, dinamika politik kian menghangat. Elite partai yang dulu berseberangan, kini terlihat mesra dan memberi sinyal untuk bergabung dalam koalisi Jokowi.

Bagaimana peluangnya? 

Pendiri Lembaga Kedai Kopi Hendri Satrio mengatakan peluang Demokrat untuk bergabung ke Koalisi Indonesia Kerja (KIK) semakin sulit. Apalagi, jika masih menjadikan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai orang yang mesti duduk sebagai menteri di kabinet Jokowi jilid II.

Hendri mengatakan, jika dipaksakan harus AHY yang duduk dikabinet, maka hal itu akan memunculkan resistansi dari partai KIK.

"Semua partai tahu bahwa AHY ini merupakan orang yang sedang diproyeksikan oleh SBY untuk 2024," ujarnya kepada Alinea.id, Sabtu (19/10).