Kebobolan mutasi virus corona B117, pemerintah harus ambil tindakan cepat

Jangan sampai terlambat mencegah penularan mutasi virus corona

Ilustrasi coronavirus/Foto Pixabay

Pemerintah didesak melakukan tindakan cepat untuk mengatisipasi penularan mutasi virus corona asal Inggris B.1.1.7 yang sudah masuk ke Indonesia. Langkah itu dinilai sebagai upaya untuk menekan laju penularan Covid-19.

"Jangan sampai terlambat handling kasus ini. Semoga pemerintah dengan segera bisa memutus mata rantai penularan virus varian tersebut. Langsung ada treatment. Harus sangat cepat (penanganannya)," kata anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati, saat dihubungi, Rabu (3/3).

Sementara itu, anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani menjelaskan, pemerintah perlu memperbaiki strategi penanganan pandemi Covid-19. Dengan masuknya mutasi virus corona B.1.1.7 ke Tanah Air, maka kolaborasi wajib dilakukan untuk mengatasinya.

"Kita membutuhkan model cara penanganan yang lebih rapih dan baik lagi. Kolaborasi optimal harus benar-benar dilakukan jika kita ingin keluar sebagai bangsa pemenang dalam menghadapi wabah Covid-19," terang Netty.

Politikus PKS ini menyarankan, pemerintah perlu melakukan pemantauan dan penelitian lebih lanjut terkait mutasi baru virus tersebut. Karena itu, dukungan terhadap lembaga-lembaga penelitian untuk meneliti virus mutasi ini perlu dilakukan.