Pemulangan Rizieq Shihab syarat rekonsiliasi Prabowo-Jokowi

Ahmad Muzani tak membantah Gerindra mengharapkan Rizieq Shihab dipulangkan.

Imam besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. / Antara Foto

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani tidak menyangkal pemulangan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab menjadi salah satu syarat rekonsiliasi antara kubu Prabowo dan Jokowi. Selain itu, kubunya juga meminta pendukung Prabowo-Sandi yang ditahan polisi dibebaskan. 

"Ya, keseluruhan bukan hanya itu (pemulangan Rizieq) kan beberapa waktu lalu banyak ditahan-tahanin ratusan orang," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (9/7).

Menurut Muzani, pemulangan Habib Rizieq dan pembebasan para tokoh pendukung Prabowo-Sandi ampuh meredakan ketegangan di tengah masyarakat pasca-Pilpres 2019. 

"Tidak ada (syarat lain). Pokoknya yang penting adalah bagaimana perbedaan paham, perbedaan pandangan perbedaan pilihan di masyarakat kemudian menjadi sesuatu yang cair," ujarnya.

Muzani menegaskan, rekonsiliasi tidak akan terjadi jika tidak ada langkah nyata dari kubu Jokowi untuk 'menghapus dendam'. Apalagi, jika para pendukung Prabowo-Sandi masih mendekam di tahanan.