Jokowi sebut kunci pulihkan ekonomi sektor kesehatan, PKS: Ini sangat terlambat

Pemerintah diminta format kebijakan penanganan Covid-19.

Presiden Jokowi saat menerima purnawirawan TNI-Polri dan legiun veteran Indonesia di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/6)/Foto BPMI via Facebook Setkab RI.

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher menilai pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa kunci dari pemulihan ekonomi adalah sektor kesehatan termasuk terlambat.

"Pernyataan Pak Jokowi ini sangat terlambat, kenapa baru sekarang? Sejak awal sudah banyak yang mengingatkan jika transmisi virus tidak dikelola dengan baik serta diprioritaskan, maka virus akan terus menyebar dalam waktu yang lama," ujar Netty dihubungi Alinea.id, Selasa (8/9).

Keterlambatan itu, lanjut Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI ini, terlihat dari terus meningkatnya kasus Covid-19 dengan jumlah kasus baru di atas tiga ribuan per hari.

"Pak Jokowi dan jajarannya harus segera mengambil sikap dan menata ulang format kebijakannya. Jangan terlalu meng-anakemaskan ekonomi tapi meninggalkan aspek kesehatan," jelasnya.

Netty juga meminta pemerintah jangan lagi ada pengabaian terhadap pendapat-pendapat sains yang positif. Sudah seharusnya, jelas dia, bencana kesehatan dikembalikan lagi kebijakannya kepada basisnya yakni kesehatan.