PPKM berakhir hari ini, Menkes beri kabar baik

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, hampir seluruh provinsi masuk kategori normal.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin/Dokumentasi Kemenkes

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengklaim penanganan Covid-19 di tanah air semakin membaik. Ini disampaikanya jelang berakhirnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hari ini, Senin (13/9/2021).

Kabar baik ini ditandai dengan penurunan kasus positif, termasuk angka kematian dan keterisian rumah sakit (bed occupancy ratio/BOR) secara nasional.

Menurut Menkes Budi, rata-rata kasus harian konfirmasi positif saat ini menyentuh angka 5.000, angka rawat inap di rumah sakit menyentuh angka rata-rata 20.000. Artinya, sudah lebih rendah dari angka sebelum Lebaran kemarin.

"Ini sudah lebih rendah dari angka sebelum Lebaran kemarin. Angka kematian juga sudah menurun drastis. Terakhir, angka kematian rate-nya menyentuh angka 270. Rata-rata rate-nya 470-an. Ini sudah jauh bandingkan dengan angka yang mencapai 2.000 di masa-masa puncaknya," kata Menkes Budi dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR bersama Menteri Keuangan dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19, di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (13/9).

Kondisi semakin membaik ini, lanjut Budi, juga dapat dilihat dari enam indikator yang diterapkan World Health Organization (WHO) di mana kasus konfirmasi positif secara nasional sudah ada pada level satu atau level yang paling baik.