PPKM level 4 berakhir hari ini, PAN beri 5 masukan ke pemerintah

Pemerintah didesak evaluasi PPKM level 4, jangan sekadar ganti nama.

Petugas mengangkat papan informasi pembatasan mobilitas PPKM darurat di pos penyekatan pembatasan menuju Jakarta di kawasan Kalideres, Jakarta Barat, pada Minggu (4/7/2021). Foto Antara/Fauzan.

Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay menilai pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 belum membawa dampak signifikan terhadap penurunan kasus Covid-19 di Tanah Air. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menentukan nasib PPKM level 4 hari ini, apakah diperpanjang atau tidak.

"Kalau kita lihat dari laporan harian, justru orang yang terpapar Covid-19 masih fluktuatif. Kadang naik, kadang turun. Tetapi kisaran naik-turunnya pada 1.000 sampai 1.200 orang per hari. Jadi tetap saja belum ada penurunan signifikan," kata Saleh saat dihubungi Alinea.id, Senin (2/8).

"Jadi, tetap saja belum ada penurunan signifikan. Begitu juga dengan orang-orang yang dirawat di rumah sakit, masih cukup banyak. Dan termasuk orang meninggal masih tetap lumayan," sambungnya.

Melihat fakta itu, Saleh meminta pemerintah untuk mengevaluasi PPKM level 4 dan 3 yang sudah berjalan. Kendati demikian, politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini memprediksi Jokowi bakal kembali memperpanjang PPKM.

"Kalau melihat hasil yang sudah ada saat ini terkait orang terpapar Covid, saya kira pemerintah cenderung akan memperpanjang PPKM. Mungkin ada pergeseran antara angka saja. PPKM level 4 turun jadi level 3, atau sebaliknya di tempat zona merah atau oranye, naik dari level 3 jadi level 4," ujarnya.