PPP yakin Ma'ruf Amin aktif dalam penyusunan kabinet

"Pandangan yang melihat KH. Maruf Amin tak  dilibatkan dalam penyusunan kabinet adalah keliru."

Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 Ma'ruf Amin (kanan) berjalan memasuki lokasi pertemuan dengan Tim Kampanye Nasional (TKN) di Jakarta, Jumat (26/7)./ Antara Fotoaru

Sekjen PPP Arsul Sani menampik anggapan bahwa wakil presiden terpilih Maruf Amin, tak dilibatkan oleh Presiden Joko Widodo dalam penyusunan kabinet pemerintah 2019-2024. Menurutnya, Ma'ruf tak mungkin bersikap pasif menyikapi penyusunan kabinet. 

Arsul mengatakan, saat ini pembahasan kabinet baru berada pada tahap mendengarkan masukan serta usulan nama-nama potensial, untuk mengisi jabatan dalam kabinet. 

"Pandangan yang melihat KH. Maruf Amin tak  dilibatkan dalam penyusunan kabinet adalah keliru. Saat ini soal  kabinet, Pak Jokowi baru pada tahap menerima masukan atau usulan, baik terkait dengan postur kabinet maupun calon menteri. Jadi masih polling input, belum dibahas, apalagi diputuskan," ujar Arsul melalui pesan singkat kepada wartawan di Jakarta, Rabu (31/7).

Menurutnya, Jokowi tidak mungkin memutuskan formasi kabinetnya seorang diri. Jika telah sampai pada tahap pembahasan, Jokowi akan mengajak serta para ketua umum partai politik yang mendukungnya di Pilpres 2019 untuk berembuk. 

Ma'ruf Amin yang menjadi wakilnya, sudah tentu akan terlibat dalam pembahasan tersebut.