Prabowo dinilai memiliki peluang besar jadi capres ketimbang Anies dan Ganjar

Saat ini ada gejala di mana partai politik lebih mengutamakan kadernya sendiri ketimbang figur di luar partai.

Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Twitter/@prabowo

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi satu-satunya figur yang memiliki potensi kuat untuk dicalonkan sebagai presiden di pemilihan 2024. Demikian disampaikan pengamat kebijakan publik Universitas Indonesia (UI), Ade Reza Hariyadi.

"Pak Prabowo tidak hanya Ketua Umum Gerindra, tapi juga merupakan figur yang berpengalaman pada beberapa pilpres sebelumnya. Saya kira ada keunggulan politik yang dimiliki beliau," kata Ade dalam diskusi yang digelar oleh Political and Public Policy Studies (P3S) bertajuk "Menakar Peluang Prabowo pada Pilpres 2024", Jumat (24/9).

Menurut Ade, jika dibandingkan dengan figur-figur lainnya seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dan sebagainya, sumber daya yang dimiliki Prabowo saat ini sangat kuat untuk maju kembali di pilpres 2024.

Pertama, sebagai pemimpin partai politik, Prabowo memiliki modal politik yang kuat di mana posisi Gerindra saat ini merupakan partai pemenang ketiga di Pemilu 2019 dengan 78 kursi di DPR RI. 

Menurut dia, saat ini ada gejala di mana partai politik lebih mengutamakan kadernya sendiri ketimbang figur di luar partai.