Prabowo-Sandi janji wujudkan swasembada pangan

"Insya Allah kami wujudkan kembali swasembada pangan."

Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahudin Uno menyampaikan sambutan saat silaturahmi dengan kalangan ulama Aceh di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Selasa (21/11)./ Antara Foto

Calon Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno berjanji akan mengembalikan status swasembada pangan, jika dia dan pasangannya, Prabowo Subianto, terpilih dalam Pilpres 2019. Janji ini ia sampaikan setelah menerima berbagai keluhan dari para petani di Jawa Timur. 

"Insya Allah kami akan memperbaiki semuanya, termasuk kontrak politik kepada para petani tebu. Insya Allah kami wujudkan kembali swasembada pangan," kata Sandiaga saat bertemu dengan ratusan para petani tebu di Lumajang, Minggu (25/11). 

Kehadiran Sandi di Lumajang, merupakan bagian dari kampanye yang ia lakukan di Jawa Timur. Selama tiga hari, ia menerima keluhan dari para petani, seperti soal rendahnya harga jual, pupuk mahal, serta ketidakhadiran pemerintah dalam masa-masa sulit mereka.

Menurut Sandi, pemerintah seharusnya memperbaiki kondisi hidup para petani saat ini. Mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, pemerintah seharusnya melindungi para petani, bukan justru membuka keran impor yang merugikan petani.

Sandi pun diminta untuk menandatangani kontrak politik dengan petani tebu itu. Ada tujuh poin yang diminta para petani tebu untuk dibenahi, yang tercantum dalam kontrak politik tersebut.