Prabowo teratas, Moeldoko tenggelamkan elektabilitas Puan Maharani

Prabowo masih menjadi kandidat teratas Pilpres 2024 berdasarkan survei PWS.

Ilustrasi Pilpres 2024. Alinea.id/Dwi Setiawan

Survei persepsi publik lembaga riset Political Weather Station (PWS) menyebutkan peluang Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi presiden di Pilpres 2024 sangat besar. Dalam survei yang sama, nama Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko muncul mengejutkan dan justru mengungguli elektabilitas Puan Maharani.

Berdasarkan survei yang digelar pada 13 hingga 23 Januari 2022, jika hari ini dilaksanakan pemilihan presiden, maka Prabowo Subianto paling banyak dipilih.

"Sebanyak 22,9% publik mengaku akan memilih Prabowo Subianto, disusul oleh Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang bersaing ketat. Anies dipilih oleh 19,9% responden dan Ganjar 19,8%,"kata  Direktur Riset PWS Mohammad Tidzi AM dalam telekonferensi, Jumat (4/2).

Menurut Tizdi, nama Prabowo Subianto di puncak elektabilitas relatif belum tergoyahkan sejak lembaga-lembaga survei mainstream merilis hasil survei capres sejak tahun lalu. Posisi sebagai menteri pertahanan membuat nama Prabowo Subianto tidak tenggelam dari panggung setelah dinyatakan kalah dalam Pilpres 2019.

"Dibanding nama ketua umum partai politik lainnya, nama Prabowo sejauh ini memang nampak paling menonjol," ujarnya.