Puji Jokowi, Prabowo jadi 'pemadam api' kritik rakyat

Pujian Prabowo ke Jokowi di tengah Covid-19 dinilai hanya retorika belaka

Presiden Jokowi saat menyambut Prabowo di Istana Negara/Foto Antara

Pujian Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) di tengah pandemi Covid-19 justru membuktikan memang banyak kritik menghujam ke presiden. Demikian diungkapkan Direktur Riset Populi Center, Usep S Ahyar.

Dijelaskan Usep, Prabowo yang juga merupakan bekas lawan Jokowi dalam kontestasi Pilpres 2019, dijadikan instrumen pemerintah untuk meminimalisir derasnya kritik yang ada. Pasalnya, menurut Usep, disinyalir kritikan terhadap Jokowi kebanyakan datang dari mayoritas pendukung-pendukung Prabowo di pilpres kemarin.

"Artinya mungkin juga Pak Prabowo diminta oleh istana, atau dia inisiatif sendiri atas dasar bacaan analisis politik itu," kata Usep saat dihubungi Alinea.id, Kamis (23/4).

Memang, dikatakan Usep, pembelahan politik pasca-Pilpres 2019 masih sangat kentara di akar rumput. Kendati Prabowo sudah memutuskan untuk bergabung dengan pemerintah, nyatanya pembelahan itu masih tetap ada.

Atas kesadaran itulah, lanjut dia, Prabowo berusaha meyakinkan seluruh pendukungnya bahwa yang dilakukan oleh pemerintah hari ini sudah pro rakyat.