Dianggap punya nilai plus, Prabowo tidak perlu poles citra hadapi Pilpres 2024

Keunggulan ini pula yang menjadikan Prabowo Subianto tidak perlu tergesa-gesa mendeklaraiskan diri sebagai capres.

Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Dokumentasi Kemenhan

Ketua Umum DPP Gerindra, Prabowo Subianto, memiliki keunggulan dibandingkan nama-nama lain yang digadang-gadang akan maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Nilai plus ini menjadikan mantan Danjen Kopassus itu tidak perlu melakukan kegiatan politik seperti memoles citranya untuk meningkatkan elektabilitasnya.

Keunggulan ini pula yang membuat Prabowo tak tergesa-gesa mengumumkan secara resmi siap maju pada Pilpres 2024. Lalu, membuatnya tidak perlu terlalu menonjolkan aktivitas politik guna mencari simpati publik.

Akademisi Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Surya Vandiantara, keunggulan yang dimiliki Prabowo adalah tingkat keterpilihan dan popularitas yang tinggi.

"Sehingga, sudah cukup bagi Prabowo menjaga elektabilitas dan popularitas melalui kinerja yang baik sebagai Menteri Pertahanan dan Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra," katanya kepada Alinea.id, Senin (11/4).

Nilai lebih Prabowo berikutnya adalah menjadi ketum partai politik (parpol). Hal ini membuatnya harus menjalankan mekanisme organisasi dalam menentukan arah pada 2024 nanti.