Sandiaga Uno kembali ke Gerindra demi kursi menteri Jokowi?

Tiba-tiba saja mantan Calon Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno mengumumkan kembali ke Partai Gerindra.

Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno saat mengumumkan pemenangan Pilpres 2019 versi lembaga internal. / Antara Foto

Tiba-tiba saja mantan Calon Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno mengumumkan kembali ke Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Pengumuman yang diunggah di media sosialnya itu dilakukan lima hari menjelang pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Seperti seorang Superman yang tengah berganti kostum, Sandi membuka batik mega mendung khas Cirebon dengan kaus bertuliskan Gerindra. Sontak, rumor berhembus kencang bahwa mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu akan menduduki kursi menteri di kabinet Jokowi-Amin.

Rumor itu muncul lantaran Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra Prabowo Subianto tengah gencar bersafari ke sejumlah parpol pendukung Jokowi-Amin. Prabowo juga sempat bertemu empat mata dengan Jokowi di Istana Negara pekan lalu.

Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani membantah kepulangan Sandiaga Uno berkaitan dengan isu menjadi salah satu menteri dari Gerindra dalam kabinet Presiden Jokowi Jilid II.

Menurut Muzani, keputusan kembali ke Gerindra merupakan hak politik Sandiaga. Muzani dengan tegas menyatakan Gerindra menyambut Sandiaga dengan lapang dada.