Satgas PEN bakal pesan ratusan juta dosis vaksin dari empat kandidat

Satgas PEN siapkan skema pemesanan ratusan dosis vaksin Covid-19.

Ilustrasi vaksin/Alinea.id/Oky Diaz.

Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (Satgas PEN) berencana akan memesan 246,5 juta dosis vaksin Covid-19. Ratusan juta dosis vaksin itu rencananya akan dipesan dari empat kandidat yang tengah dilakukan uji klinis.

Ketua Satgas PEN, Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, keempat kandidat vaksin itu ialah Sinovac, Covax/Gavi, Nonovax, dan Merah Putih. Jumlah vaksin yang akan dipesan dari kandidat tersebut akan dibagi  melalui dua program vaksinasi, yakni vaksin program dan vaksin mandiri.

"Untuk program vaksin, ada dua sumber yang kita dapatkan, yaitu dari Sinovac, dan kerjasama multilateral dengan badan WHO yang namanya Gavi," ujar Budi dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Komisi IX DPR RI, Selasa (17/11).

Jumlah vaksin untuk program mandiri direncanakan akan dipesan sebanyak 73,9 juta dosis vaksin. Untuk memenuhi kebutuhan itu, pemerintah akan memesan 58 juta dosis vaksin dari Sinovac, dan 16 juta dosis vaksin dari Gavi.

"Untuk vaksin mandiri, kita juga sudah berhubungan dengan hampir semua produsen vaksin yang sudah masuk uji klinis tahap tiga dari WHO. Dan hasil diskusi di komite, ada tiga nama yang sudah diduskusikan. Pertama adalah Sinovac, kedua Novavax, dan ketiga adalah vaksin Merah Putih sendiri," tutur Budi.