Survei: Sentimen positif Prabowo tertinggi, Anies dinilai jelek

Survei menyebutkan ada sejumlah faktor yang menyebabkan Prabowo memiliki sentimen positif di dunia maya.

Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindr, Prabowo Subinato dan Presiden Jokowi di Istana Negara. Foto: Setkab.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memiliki sentimen positif tertinggi di dunia maya di antara lima kandidat calon presiden papan atas di Pilpres 2024. Sebaliknya, Gubernur DKI Jakarta sebagai kandidat yang paling banyak diperbincangkan oleh para netizen. 

Hal ini terungkap dalam survei percakapan netizen di dunia maya yang dilakukan oleh lembaga survei opini publik, Merdeka Institute pada 9-20 April 2022. Merdeka Institute adalah salah satu lembaga survei opini publik yang bernaung di bawah Asosiasi Survei Opini Publik Indonesia (ASOPI).

Merdeka Insitute hanya mensurvei lima tokoh yang elektabilitasnya selalu masuk lima besar (top five) dalam berbagai survei lembaga-lembaga riset mainstream. Mereka adalah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Sandiaga Uno, dan Ridwan Kamil. 

Berdasarkan analisis dari data media monitoring yang dilakukan Merdeka Institute, Anies disebut sebagai capres yang paling banyak diperbincangkan oleh para netizen di dunia maya. Dalam 11 hari terakhir, total percakapan tentang Anies di dunia maya mencapai 87.135, disusul tentang Prabowo Subianto (41.164), Ridwan Kamil (32.730), Ganjar Pranowo (25.299), dan Sandiaga Uno (6.704).

"Sebanyak 25,4% dari total netizen yang mempercakapkan Prabowo cenderung menyampaikan ujaran positif tentang Ketua Umum Partai Gerindra itu, hanya 12,4% yang cenderung bernada negatif, dan sisanya 62,2% bersifat netral," kata peneliti Merdeka Institute, Mohammad Yafi NI dalam keterangan pers, Kamis (21/4).