Survei IPO: Siapapun capresnya, Erick Thohir tertinggi jadi cawapres

Erick Thohir menempati peringkat teratas dengan 15,5 dan Mahfud MD dengan 11,1. Ketiga ada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 10,9

Menteri BUMN Erick Thohir. Alinea.id/Oky Diaz Fajar

Indonesia Political Opinion (IPO) melakukan pemetaan elektabilitas koalisi dari para calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Para tokoh politik akan berkonstentasi di Pemilu 2024.

Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah mengatakan, Prabowo Subianto menjadi nama tertinggi untuk dipilih sebagai presiden dengan  nilai 27,3, sementara 24,6 dimiliki Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo dengan 16,2. Ketiga nama ini bertahan dalam beberapa kuosioner surveinya.

"Skema pilihan tiga nama tertutup, Prabowo Subianto 37,2 sementara Anies Baswedan 31,5 dan Ganjar Pranowo 26,8," katanya ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (16/6).

Sementara pada aspek cawapres, Erick Thohir menempati peringkat teratas dengan 15,5 dan Mahfud MD dengan 11,1. Ketiga ada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 10,9.

Bila Prabowo sebagai capres, maka Erick Thohir memiliki 21,4 nilai paling tinggi untuk mendampinginya. Peringkat kedua sebagai cawapresnya adalah Muhaimin Iskandar dengan 9,7 dan Mahfud MD dengan 7,8.