Siasat Partai Demokrat agar elektabilitas melesat

Sempat berjaya pada Pemilu 2009, suara Partai Demokrat melorot dalam Pemilu 2014 dan 2019.

Ilustrasi lambang Partai Demokrat. Alinea.id/Debbie Alyuwandira

Belakangan ini, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY gencar melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh politik. Pada Kamis (23/6), putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono itu bertemu Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta.

Lalu, pada Jumat (24/6), AHY salat jumat bersama Gubernur Jawa Tengah yang juga kader PDI-P, Ganjar Pranowo di Masjid Nurul Hidayah, Jakarta Selatan. Keduanya sempat terlibat obrolan singkat. Selanjutnya, Jumat malam, AHY bersua Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di kediaman Prabowo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Dalam pertemuan dengan Surya Paloh dan Prabowo, AHY ditemani jajaran pengurus Partai Demokrat. Sebelumnya, pada Mei 2022, AHY menggelar safari politik ke beberapa daerah, seperti Sumatera Utara, Trenggalek, Ponorogo, dan Magetan. Ia juga sempat mengadakan safari saat ramadan dan lebaran.

Strategi Demokrat

Menurut Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, partainya memang tengah berusaha mengangkat citra. Sebab, perolehan suara Demokrat anjlok dalam Pemilu 2014 dan 2019.