Survei SMRC: Di antara 3 capres, Ganjar paling didukung pemilih kritis

Lebih jauh Deni menunjukkan bahwa dalam 6 bulan terakhir, kesukaan pemilih kepada Anies cenderung makin lemah.

Ilustrasi. Foto Ist

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menggelar survei bertajuk ”Kualitas Popularitas dan Elektabilitas Bacapres di Pemilih Kritis”. Dari survei ini Ganjar Pranowo muncul sebagai capres yang mendulang presentase dukungan tertinggi di kalangan pemilih kritis.

"Di kalangan pemilih kritis, dukungan pada Ganjar Pranowo 37,9 persen, Prabowo Subianto 33,5 persen, dan Anies Baswedan 19,2 persen. Masih ada 9,4 persen yang belum menentukan pilihan," kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani, dalam keterangannya, Senin (5/6).

Survei tersebut dilakukan pada 30-31 Mei 2023 melalui telepon. 

Deni menjelaskan bahwa “pemilih kritis” adalah pemilih yang punya akses ke sumber-sumber informasi sosial-politik secara lebih baik karena mereka memiliki telepon atau cellphone sehingga bisa mengakses internet untuk mengetahui dan bersikap terhadap berita-berita sosial-politik. 

"Mereka umumnya adalah pemilih  kelas menengah bawah ke kelas atas, lebih berpendidikan, dan cenderung tinggal di perkotaan. Mereka juga cenderung lebih bisa memengaruhi opini kelompok pemilih di bawahnya. Total pemilih kritis ini secara nasional diperkirakan 80%," ujarnya.