Survei LSN: Pemilih Pemula-Milenial cenderung pilih Prabowo

Pada kelompok milenial, Prabowo meraih dukungan 33,5%, sedangkan Anies 21,8% dan Ganjar 18,2%.

Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Dokumentasi Kemhan

Survei Lembaga Survei Nasional (LSN) mengungkapkan adanya kecenderungan generasi milenial dan pemilih pemula (first-time voters) lebih memilih Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, sebagai calon presiden (capres) pada 2024 daripada tokoh-tokoh lainnya.

Berdasarkan survei yang digelar pada 29 Oktober hingga 2 November 2022 ini, dukungan publik terhadap para calon presiden (capres) 2024-2029 semakin mengerucut pada tiga tokoh saja, yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Calon-calon lain di papan tengah dan papan bawah cenderung kurang mendapatkan perhatian publik. Satu-satunya tokoh papan tengah yang mendapatkan dukungan adalah Ridwan Kamil, tetapi lebih sebagai calon wakil presiden (cawapres) bukan capres.

"Dari tiga tokoh papan atas, yakni Prabowo, Ganjar, dan Anies, juga ada kecenderungan bahwa Prabowo Subianto semakin tak tergoyahkan posisinya di puncak elektabilitas. Sedangkan posisi Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, cenderung stagnan," ujar Direktur Eksekutif LSN, Gema Nusantara Bakry, dalam pemaparan rilis secara daring, Jumat (4/11).

Gema mengungkapkan, salah satu faktor penyebab Prabowo bisa terus bertahan di puncak survei adalah kuatnya dukungan milenial terhadap Menteri Pertahanan (Menhan) tersebut.