Tanggapi Suramadu, SBY baper?

Pernyataan SBY itu dianggap ingin menyudutkan Megawati, bahkan ingin menonjolkan dirinya sebagai pahlawan.

Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) menaiki truk saat akan meresmikan pembebasan tarif tol Jembatan Suramadu di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (27/10)/ Antara Foto

Jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya dan Madura di Jawa Timur, dibangun era Megawati, dilanjutkan dan diresmikan oleh SBY, kini digratiskan oleh Jokowi.

Ketua Umum Partai Demokrat sekaligus Presiden Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono meminta Presiden Joko Widodo menjelaskan alasan menggratiskan tarif tol Jembatan Suramadu. Menurut SBY, dia telah berjasa melanjutkan pembangunan jembatan itu lantaran sempat terhenti di era Megawati.

Menanggapi hal itu, Ketua DPP Partai Hanura Inas Nasrullah Zubir menilai SBY terbawa perasaan alias baper dalam menanggapi digratiskannya tol Suramadu. Pernyataan SBY itu dianggap ingin menyudutkan Megawati, bahkan ingin menonjolkan dirinya sebagai pahlawan.

"Padahal jembatan Suramadu juga sempat mangkrak setelah dua bulan SBY dilantik, yakni bulan desember 2004 sampai dengan Maret 2005," katanya melalui siaran pers yang diterima Alinea.id, Selasa (30/10).

Inaz menduga, SBY setengah hati dalam melanjutkan proyek yang digagas oleh pemerintahan Megawati dan menyerahkan sepenuhnya pembiayaan kepada pemerintah daerah Jawa Timur. Saat itu, kata dia, pembiayaan pembangunan jembatan Suramadu ditanggung pemerintah dan Pemda Jawa Timur sekitar 55%.