Charta Politika: Tingkat kepuasan publik terhadap pemerintah pusat 63,5%

Terdapat penurunan tingkat kepuasan kinerja pemerintah dibandingkan survei pada Juni 2022.

ilustrasi. Istimewa

Survei nasional lembaga survei Charta Politika menyebutkan, 63,5% responden menyatakan puas terhadap kinerja pemerintah pusat. Sementara, tingkat ketidakpuasan berada pada angka 34.3%.

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan, jika dilihat dari tren, terdapat penurunan tingkat kepuasan kinerja pemerintah dibandingkan survei pada Juni 2022. Pada survei Juni 2022, tingkat kepuasan publik terhadap pemerintah pusat berada di angka 68,4%.

"Angkanya sekarang terjadi penurunan. Artinya turun sekitar 4,9% dibandingkan dengan situasi sebelumnya," kata Yunarto dalam keterangan pers yang disiarkan di akun YouTube Charta Politika Indonesia, Kamis (22/9).

Yunarto menilai, hal ini terlihat dari kondisi yang sedang terjadi di Indonesia terkait keputusan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM). Meski angka kepuasan publik masih berada dalam kategori rapor biru yakni di atas 60%, namun menurut Yunarto, hal ini perlu diwaspadai oleh pemerintah.

Sebab, imbuh Yunarto, keputusan untuk menyesuaikan harga BBM memiliki dampak yang berpengaruh ke seluruh lapisan masyarakat,