Vaksin Covid-19 gratis, politikus PAN: Ternyata Presiden Jokowi akomodatif

Saleh Partaonan Daulay minta pemerintah siapkan data dan strategi sosialisasi vaksin.

Presiden Joko Widodo saat menyampaikan amanatnya di Rapat Koordinasi Nasional Forum Kerukunan Umat Beragama di Istana Negara, Selasa (3/11)/Foto BPMI-Setpres.

Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, menyambut baik keputusan Presiden Joko Widodo yang akan menggratiskan biaya vaksinasi Covid-19 bagi seluruh rakyat Indonesia.

Politikus PAN itu menilai keputusan tersebut merupakan tanda keseriusan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. Dia berharap, kebijakan itu dapat mempermudah pelaksanaan vaksinasi dalam negeri.

Bagi Saleh, keputusan itu merupakan tindaklanjut dari hasil rapat Komisi IX DPR RI bersama Menteri Kesehatan. Dia berkata, salah satu kesimpulan rapat yang disepakati yakni terkait pembebasan biaya vaksinasi untuk rakyat.

"Ternyata Presiden sangat mendengar dan akomodatif. Dengan begitu, masyarakat tidak punya alasan lagi untuk menolak vaksin. Yang mampu dan tidak mampu diberikan vaksin dan divaksinasi secara gratis," ujar Saleh, kepada wartawan, Rabu (16/12).

Kendati vaksininasi akan digratiskan, Saleh meminta pemerintah untuk memperbaiki data masyarakat yang akan menjadi target sasaran. Termasuk, kata dia, terkait keseimbangan persebaran dan distribusi vaksin.