Warga Jateng dan Jatim disebut dukung duet Prabowo-Ganjar, apa faktornya?

Menurut Edwin, setidaknya ada 3 faktor yang membuat dukungan kepada duet Prabowo-Ganjar menguat.

Warga Jateng dan Jatim disebut mendukung duet Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto (kiri), dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (kanan), pada Pilpres 2024. Twitter/@jokowi

Dukungan masyarakat Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim) kepada duet Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 diklaim menguat. Ini merupakan salah satu temuan survei Surabaya Research Syndicate (SRS) periode Maret 2023.

"Ketika SRS menanyakan kepada responden, 'Dari sejumlah tokoh nasional yang ada saat ini, siapakah yang paling cocok menjadi calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo Subianto?' Nama Ganjar Pranowo paling banyak disebut responden (22,5%). Nama Ganjar berada di atas [Menteri BUMN] Erick Thohir (15,8%) dan [Gubernur Jawa Barat] Ridwan Kamil (14,6%)," ungkap peneliti senior SRS, Edwin Abdul, dalam paparannya secara daring, Rabu (29/3).

Dirinya melanjutkan, warga Jateng dan Jatim pun cenderung mendukung duet Prabowo-Ganjar daripada pasangan Ganjar-Erick. Sebab, Prabowo-Ganjar meraup dukungan 51,8%, sedangkan Ganjar-Erick hanya dipilih 40,5%, dan 7,7% sisanya menjawab tidak tahu.

Menurut Edwin, setidaknya ada 3 faktor yang membuat dukungan kepada Prabowo-Ganjar menguat. Pertama, pasangan itu dinilai sebagai kombinasi negarawan yang visioner dan matang dengan figur muda yang energik dan komunikatif.

"Kedua tokoh juga mencerminkan karakter pemimpin nasional yang disukai publik, yakni tegas dan merakyat," sambungnya.