Zulkifli Hasan tak peduli dukungan Amien Rais di Kongres PAN

Dukungan Amien Rais kepada salah satu calon tidak akan mengubah prinsip PAN yang demokratis.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (tengah) berfoto bersama dengan Ketua Majelis Kehormatan Amien Rais (kiri), Politisi PAN Hanafi Rais (kedua kiri), Asman Abnur (kanan) dan Mulfachri Harahap (kedua kanan) saat hadir pada acara Rakernas V PAN di Jakarta. Antara Foto

Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Zulkifli Hasan atau biasa disapa Zulhas tidak peduli jika Amien Rais selaku Dewan Pembina PAN tidak mendukungnya sebagai ketua umum dalam Kongres V PAN mendatang.

Sikap ini dikatakan Zulhas usai Amien Rais secara terang-terangan mendukung Mulfachri Harahap sebagai calon ketua umum PAN untuk periode 2020-2025. Mulfachri yang saat ini menjabat Wakil Ketua Umum PAN merupakan calon yang disebut Amien Rais bisa mewujudkan segala harapan partai bentukannya di kemudian hari.

“Iya memang betul, Pak Amien mendukung Pak Mulfachri. Itu sudah jelas ya. Pak Amien memang pendiri partai. Kalau bicara PAN ya Pak Amien. Tapi, kan kita kompetisinya sama Mulfachri, sama Asman,” kata Zulhas di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (15/1).

Menurut Zulhas, dukungan Amien kepada Mulfachri tidak akan mengubah prinsip PAN yang selama ini menganut sistem demokratis. Terkait persaingan para calon ketum PAN yang cukup panas, kata dia, biasanya akan cair kembali setelah kongres selesai.

Zulhas pun enggan berkomentar banyak terkait tagline ciptaan Amien Rais yakni Mewujudkan Harapan atau MH yang merujuk pada nama Mulfachri dan Hanafi Rais sebagai pasangan di Kongres PAN nanti. Seperti diketahui, jika Mulfachri terpilih sebagai Ketua Umum PAN, Hanafi Rais yang akan mengisi jabatan sebagai Sekretaris Jenderal PAN.