Hati-hati jangan termakan mitos, vaksin Covid-19 tak bikin kebal

Vaksin Covid-19 tidak membuat kita kebal 100 persen.

Lismei Yodeliva Rabu, 23 Jun 2021 13:58 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19. Alinea.id/Bagus Priyo.

Ini yang perlu disadari masyarakat Indonesia: Vaksin Covid-19 tidak membuat kita kebal 100 persen dari korona, tetapi vaksin akan memicu pembentukan daya tahan tubuh dari virus penyebab Covid-19 sehingga risiko terinfeksi berkurang.

Jika setelah divaksin terinfeksi Covid-19, maka hanya mengalami gejala ringan dan terhindar dari risiko harus dirawat inap. Vaksin Covid-19 bikin kebal 100 persen adalah mitos, jadi setelah divaksinasi disiplin protokol kesehatan 3M tetap harus dilakukan.

Ingat untuk tetap memakai masker, menjaga jarak serta menghindari kerumunan, dan rutin mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

Pandemi Covid-19 belum berakhir, guna menekan kasus yang terus bertambah, pemberian vaksin Covid-19 terus dilakukan. Pemberian vaksin ini merupakan solusi yang dianggap paling tepat mengurangi jumlah kasus infeksi virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19 yang sudah mulai bermutasi di beberapa negara termasuk mutasi yang sudah masuk ke Indonesia.

Profesor Herawati Sudoyo, Ph.D, Wakil Kepala Lembaga Eijkman Bidang Penelitian Fundamental, menerangkan bahwa sebagian besar produsen vaksin Covid-19 mencoba mencapai tingkat efikasi hingga 70 persen. Hingga saat ini, penelitian menunjukkan bahwa tidak ada satu pun vaksin Covid-19 yang tidak efektif menangkal mutasi virus Covid-19.

Covid-19
Lismei Yodeliva