Inilah 3 Gejala Utama Terinfeksi Varian Omicron

Mayoritas penderita Covid-19 varian Omicron terbukti mengalami gejala batuk, mudah lelah, dan pilek atau hidung tersumbat.

Eka Setiyaningsih Minggu, 12 Des 2021 16:08 WIB
Covid-19/Ilustrasi Freepik

Berdasarkan laporan mingguan dari Pusat Pengendalian Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) bertajuk bertajuk 'Morbidity and Mortality Weekly Report', menjelaskan bahwa mayoritas penderita Covid-19 varian Omicron terbukti mengalami gejala batuk, mudah lelah, dan pilek atau hidung tersumbat.

Dalam laporan mingguan edisi 1-8 Desember 2021, CDC melaporkan bahwa penderita Covid-19 varian Omicron paling banyak mengeluhkan gejala batuk. Gejala ini dilaporkan sekitar 89% pengidap Covid-19 varian Omicron yang didata CDC kawasan Amerika Serikat.

Selain batuk, gejala lain yang umum dirasakan penderita Covid-19 varian Omicron adalah mudah lelah. Efek samping ini dirasakan 65% penderita Covid-19 varian baru tersebut.

Setelahnya, banyak penderita Covid-19 varian Omicron yang menderita pilek atau hidung tersumbat. Jumlah orang yang mendapat efek tersebut mencapai 59%.

"Dari laporan tahap awal, banyak kasus infeksi akibat varian omicron diikuti dengan gejala ringan. Akan tetapi, seperti varian Covid-19 sebelumnya, biasanya ada jeda antara infeksi dan gejala parah yang akan mengikuti. Meski begitu, gejala turunan akibat Omicron diharap lebih ringan jika dialami orang yang sudah divaksinasi dan eks penderita SARS-CoV-2," tulis CDC dalam laporan tersebut, dikutip Minggu (12/12).

Covid-19
Eka Setiyaningsih