Pro-kontra netizen Twitter atas opini dr. Lois Owien

Pernyataan kontroversi dr. Lois Owien yang tak percaya COVID-19 di media sosial, membuat heboh publik.

Eka Setiyaningsih Rabu, 28 Jul 2021 14:41 WIB
Ilustrasi/ Pixabay

Pernyataan kontroversi dr. Lois Owien yang tak percaya COVID-19 di media sosial, membuat heboh publik. Selain membuat unggahan di media sosial, dr. Lois juga menyatakan tidak percaya adanya Virus Corona dalam talkshow yang dibawakan oleh pengacara kondang, Hotman Paris.

Menurut argumen dr. Lois, pasien yang meninggal di rumah sakit (RS) bukan murni karena Virus Corona, melainkan karena interaksi antarobat yang diterima si pasien.

Pernyataan kontroversial dr. Lois di tengah lonjakan masif kasus COVID-19 di Tanah Air membuat dr. Lois ditetapkan sebagai tersangka kasus penyebaran berita bohong (hoaks) terkait pandemi COVID-19 oleh Bareskrim Polri.

Kontroversi pernyataan tidak percaya COVID-19 dan perkembangan kasus hukum dr. Lois itu ini menjadi perbincangan di linimasa Twitter. Indonesia Indicator (I2) melakukan riset dari 9-14 Juli 2021, linimasa Twitter riuh berdebat dan berbicara soal pernyataan dr. Lois yang kontroversial. Jumlahnya mencapai 33.994 aktivitas percakapan dari 12.142 akun Twitter.

Emosi jengah diekspresikan netizen sebanyak 25%, karena netizen saling adu argumen, pro dan kontra atas opini dr. Lois. Bahkan ada 20% netizen yang mengekspresikan rasa percaya (trust). Angka ini terbagi merata, antara percaya opini dr. Lois atau opini dr. Tirta yang berseteru pikiran dengannya.

hoaks
Covid-19
Eka Setiyaningsih