sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

700 perusahaan tercatat di BEI

Perusahaan tercatat saham ke-700 atau perusahaan ke-36 yang mencatatkan sahamnya sejak Januari 2020 adalah, PT Transkon Jaya Tbk.

Hermansah
Hermansah Kamis, 27 Agst 2020 09:48 WIB
700 perusahaan tercatat di BEI
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 410.088
Dirawat 58.418
Meninggal 13.869
Sembuh 337.801

Pandemi global Covif-19 tidak menyurutkan minat perusahaan untuk memanfaatkan pendanaan 
melalui pasar modal Indonesia, yaitu melalui penerbitan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Hal tersebut  tercermin pada hari ini, (27/8), perusahaan tercatat saham ke-700 resmi dicatatkan.

"Sebanyak 100 perusahaan tercatat saham baru telah melantai di BEI dalam waktu kurang dari dua tahun sejak 28 September 2018 saat seremoni perusahaan tercatat saham ke-600 hingga saat ini. Pertumbuhan ini merupakan suatu pencapaian bagi BEI dan juga merupakan bentuk kepercayaan dari para pelaku bisnis kepada pasar modal Indonesia," kata Sekretaris Perusahaan PT BEI Yulianto Aji Sadono, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/8).

Perusahaan tercatat saham ke-700 atau perusahaan ke-36 yang mencatatkan sahamnya sejak Januari 2020 adalah, PT Transkon Jaya Tbk. dengan ticker code TRJA. PT Transkon Jaya Tbk. bergerak di bidang rental kendaraan untuk perusahaan tambang.

Saat ini masih terdapat 11 perusahaan yang berada di pipeline pencatatan saham BEI. Hal ini menunjukkan minat perusahaan yang tinggi untuk IPO di tengah kondisi saat  ini dan pasar modal Indonesia terus memberikan kontribusi bagi perekonomian Indonesia dengan kredibilitasnya sebagai sumber pendanaan bagi dunia usaha di Indonesia. 

Sponsored

Untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi dampak pandemi, Self-Regulatory Organization (SRO) bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengimplementasikan serangkaian kebijakan dengan memberikan kemudahan bagi perusahaan mendapatkan pendanaan di pasar modal dan menciptakan kondisi pasar yang kondusif.

"Salah satu upaya BEI untuk meningkatkan jumlah perusahaan tercatat adalah  senantiasa menyelenggarakan kegiatan edukasi kepada perusahaan mengenai mekanisme dan manfaat go 
public
di seluruh Indonesia. Edukasi tersebut dilakukan secara online, melalui pertemuan bilateral antara BEI dan manajemen, atau pemilik perusahaan yang bertempat di kantor perusahaan, serta di 30 kantor perwakilan BEI di seluruh Indonesia," tuturnya.

Berita Lainnya