sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Abdee Slank tambah daftar panjang pendukung Jokowi jabat komisaris BUMN

Abdi Negara Nurdin atau yang dikenal dengan nama Abdee Slank menjadi Komisaris di PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM).

Annisa Saumi
Annisa Saumi Jumat, 28 Mei 2021 20:31 WIB
Abdee Slank tambah daftar panjang pendukung Jokowi jabat komisaris BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat personel grup band Slank, Abdi Negara Nurdin atau yang dikenal dengan nama Abdee Slank menjadi Komisaris di PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM). Pengangkatan tersebut dilakukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar pada Jumat (28/5).

Selain Abdee Slank, RUPST Telkom juga mengangkat mantan Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro sebagai Komisaris Utama Telkom, menggantikan Rhenald Kasali. Selain Bambang, nama Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga dan mantan Dirjen Kekayaan negara Isa Rachmatarwata juga diangkat sebagai Komisaris Telkom.

Sebagai informasi, Abdee Slank menjadi nama teranyar deretan pendukung Jokowi yang diangkat menjadi komisaris di perusahaan-perusahaan pelat merah. Dengan ini, total relawan Jokowi yang menjabat sebagai komisaris di perusahaan BUMN menjadi 20 orang. Berikut adalah daftarnya.

1. Fadjroel Rachman
Fadjroel Rachman merupakan sosok lama di lingkaran presiden. Pada Pilpres 2014, dirinya sempat menjadi relawan pemenangan Jokowi.

Fadjroel saat ini merupakan Komisaris di PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT). Sebelumnya, pada periode pertama pemerintahan Jokowi, Fadjroel juga sempat menjadi Komisaris Utama perusahaan konstruksi pelat merah lainnya, PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI).

2. Arif Budimanta
Arif Budimanta merupakan politisi dari partai yang sama dengan Presiden Joko Widodo, Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDIP). Di PDIP, Arif sempat menjabat sebagai Ketua DPP PDI-P periode 2005-2010.

Saat ini, dirinya menjabat sebagai Staf Khusus Presiden. Selain itu, pada Maret 2021, Arif diangkat menjadi Komisaris PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI).

3. Arya Sinulingga
Arya Sinulingga merupakan Staf Khusus Menteri BUMN. Pada Pilpres 2019, Arya merupakan juru bicara tim kampanye Jokowi.

Selain menjabat sebagai Komisaris Telkom, Arya juga tercatat menjadi Komisaris induk holding BUMN tambang, yaitu PT Inalum (Persero).

Sponsored

4. Rizal Mallarangeng
Sebelum Abdee Slank, Rizal Mallarangeng ditunjuk sebagai Komisaris Telkom terlebih dahulu pada Juni 2020. Adik Andi Mallarangeng ini pada Pilpres 2019 tercatat menjadi bagian dari tim kampanye nasional Jokowi Ma'ruf.

Selain itu, pada Pilpres lalu, Rizal juga menjadi Koordinator Nasional Relawan Golkar Jokowi (Gojo), yang merupakan organisasi milik Partai Golkar.

5. Ulin Ni'am Yusron
Ulin Yusron dikenal sebagai salah satu relawan Jokowi pada Pilpres 2014 dan 2019. Ulin terkenal aktif mendukung berbagai kampanye Jokowi di media sosial.

Saat ini, Ulin merupakan salah satu Komisaris di BUMN Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) atau PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero).

6. Andi Gani Nena Wea
Sebelum menjadi Komisaris PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. (PTPP), Andi Gani dikenal sebagai aktivis buruh. Dia merupakan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) dan Presidium Majelis Pekerja Buruh Indonesia.

Adapun pada 2019, Andi Gani tercatat terjun dalam beberapa acara kampanye dan menjadi Ketua Umum Relawan Buruh Sahabat Jokowi.

7. Eko Sulistyo
Eko Sulistyo merupakan timses pemenangan Jokowi dalam beberapa pemilu. Dia tercatat sudah membantu pemenangan Jokowi sejak Pilkada di Kota Solo.

Saat ini, dia merupakan salah satu Komisaris di PT Perusahaan Listrik Negara (Komisaris PLN).

8. Lukman Edy
Lukman Edy merupakan mantan Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Pada pilpres lalu, dia menjabat sebagai Direktur Saksi Tim Pemenangan Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf.

Saat ini, dia menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen PT Hutama Karya (Persero).

9. Zulnahar Usman
Zulnahar Usman merupakan Komisaris Independen di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI). Dia didapuk menjadi Komisaris BRI pada 2020.

Sebelumnya, Zulnahar merupakan Bendahara Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Dia juga tercatat sebagai Direktur Logistik dan APK dalam Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf.

10. Irma Suryani Chaniago

Irma merupakan Komisaris Independen di PT Pelindo I (Persero). Dia diangkat sebagai komisaris independen sejak 20 April 2020.

Sebelumnya, Irma merupakan salah satu politikus Partai Nasdem. Irma bertindak sebagai juru bicara dalam tim kampanye pemenangan Jokowi-Ma'ruf.

Berita Lainnya
×
tekid