sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Alibaba catat transaksi Rp538 T di pesta diskon 11-11

Raksasa e-commerce asal China, Alibaba Group, mencatat nilai transaksi sebesar 268,4 miliar yuan dalam pesta diskon 11-11.

Laila Ramdhini
Laila Ramdhini Selasa, 12 Nov 2019 11:42 WIB
Alibaba catat transaksi Rp538 T di pesta diskon 11-11

Raksasa e-commerce asal China, Alibaba Group, mencatat nilai transaksi sebesar 268,4 miliar yuan atau sekitar Rp538,9 triliun dalam Festival Belanja 11-11 yang berlangsung selama 24 jam pada Senin (11/11). Transaksi ini meningkat sebesar 26% dibandingkan ajang serupa pada tahun lalu.

Transaksi Festival Belanja 11-11 tahun lalu melalui aplikasi pembayaran daring Alipay yang dikembangkan oleh Alibaba sebesar 213,5 miliar yuan. Tahun ini, rekor tersebut berhasil terpecahkan sejak pukul 16.31 waktu setempat.

"Hari ini kami menunjukkan kepada dunia bagaimana wujud masa depan konsumsi bagi 'brand' dan konsumen," kata Presiden Taobao dan Tmall, Fan Jiang, setelah penutupan transaksi Festival Belanja 11-11 di kantor pusat Alibaba Group di Hangzhou, Provinsi Zhejiang.

Taobao dan Tmall merupakan platform belanja daring yang dikembangkan oleh Alibaba.

"Kami memenuhi permintaan konsumen di China yang semakin tumbuh dan membantu mereka meningkatkan gaya hidup sambil memperkenalkan kepada para pengguna baru tentang ekonomi digital kami di seluruh China dan dunia," ujarnya.

Lebih dari 200.000 merek turut berpartisipasi pada festival tahun ini dengan jumlah produk mencapai 1 juta item. Pada gelaran tahun ini pula, perusahaan logistik Cainiao Network telah memproses 1,3 miliar paket pesanan.

Ada lima negara yang paling banyak menjual produknya ke China selama festival berlangsung, yakni Jepang, Amerika Serikat, Korea Selatan, Australia, dan Jerman.

Terdapat 299 merek telah mampu membukukan penjualan senilai 100 juta yuan. Dari jumlah itu pula ada 15 merek dagang bisa meraih transaksi 1 miliar yuan.

Sponsored

Beberapa merek global yang banyak terjual di China selama festival berlangsung, di antaranya Apple, Bose, Estée Lauder, Gap, H&M, L’Oréal, Levi’s, MUJI, Nestlé, Nike, Philips, The North Face, Under Armour, dan Uniqlo.

Sementara Ellips, merek dagang perawatan rambut dari Indonesia, yang ambil bagian pada festival tahun ini mampu meraih penjualan 1 juta yuan melalui platform Lazada yang juga anak perusahaan Alibaba Group.

"Selamat datang Ellips, brand Indonesia yang bergabung pada festival tahun ini dengan difasilitasi kemitraan Lazada dan Tmall Global," kata CEO Lazada Indonesia Chun Li.

Ia sangat bangga atas kesuksesan Ellips dalam menunjukkan produk Indonesia kepada dunia melalui festival tersebut. (Ant)