sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Bill Gates mundur dari direksi Microsoft

Gates memutuskan untuk fokus mengurus organisasi amal dalam bidang kesehatan, pendidikan, dan perubahan iklim.

Satriani Ariwulan
Satriani Ariwulan Sabtu, 14 Mar 2020 10:55 WIB
Bill Gates mundur dari direksi Microsoft
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini

Salah satu pendiri Microsoft Bill Gates mundur dari dewan direksi perusahaan, Jumat (13/3). Gates memutuskan untuk fokus mengurus organisasi amal dalam bidang kesehatan, pendidikan, dan perubahan iklim.

Gates yang kini telah berusia 64 tahun itu tak lagi terlibat di perusahaan sejak 27 Juni 2008. Dia memilih lebih banyak menghabiskan waktu untuk menggeluti pekerjaannya di yayasan yang diluncurkan bersama istrinya, Bill & Melinda Gates Foundation.

Dia menjabat sebagai ketua dewan direksi Microsoft hingga 4 Februari 2014, sebelum kemudian menjadi anggota direksi dan kini resmi melepaskannya. 

"Saya merasa sangat terhormat dan beruntung bisa bekerja dan belajar dari Bill selama bertahun-tahun," kata CEO Satya Nadella, dikutip dari Reuters.

Sponsored

Gates sebelumnya melepas posisi CEO perusahaan raksasa teknologi yang berbasis di Redmond, Washington, Amerika Serikat itu pada 2000. Saat itu, dia menyerahkan kendali perusahaan kepada Steve Ballmer untuk fokus ke yayasan amal.

Gates mendirikan Microsoft bersama Paul Allen pada 1975. Secara teratur masuk daftar orang-orang terkaya di dunia, Gates mulai memprogram komputer selagi berusia 13 tahun. 

Dia dibesarkan di Seattle dengan dua saudara perempuan. Ayahnya adalah seorang pengacara dan almarhum ibunya Mary adalah seorang guru sekolah dan ketua dari United Way International. 
 

Berita Lainnya