sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Darmin: Pembangunan infrastruktur tetap jadi prioritas

Darmin Nasution menyebut pembangunan infrastruktur ke depan juga akan berorientasi pada transformasi ekonomi.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Rabu, 02 Okt 2019 12:35 WIB
Darmin: Pembangunan infrastruktur tetap jadi prioritas

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pembangunan infrastruktur akan tetap menjadi fokus pembangunan pemerintahan Presiden Jokowi dalam lima tahun ke depan. Darmin mengatakan langkah tersebut dilakukan untuk kesinambungan pembangunan pada periode sebelumnya.

Menurut Darmin, pembangunan infrastruktur juga telah membawa dampak positif terutama pada pertumbuhan ekonomi nasional. 

“Ke depan, selain melanjutkan yang belum selesai, kami juga akan mengingkatkan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah agar pembangunan infrastruktur lebih ditingkatkan terutama yang mendukung pertumbuhan ekonomi,” kata Darmin di Jakarta, Rabu (2/10).

Darmin juga menuturkan, infrastruktur yang dibangun harus mampu menjadi penghubung menuju pusat industri dan kegiatan ekonomi masyarakat. Selain itu, pembangunan infrastruktur ke depan juga akan berorientasi pada transformasi ekonomi.

“Ini penting agar negara bergerak maju,” kata dia.

Dia menjelaskan transformasi yang dimaksud yakni perubahan pola pikir dan hidup masyarakat dari sekadar mencari penghasilan ke arah komersial atau menciptakan lapangan pekerjaan

Namun, dia menekankan, transformasi ekonomi tidak harus berpindah (shifting) dari sektor pertanian ke sektor industri. Namun, lebih kepada memanfaatkan lahan dengan infrastruktur yang telah dibangun.

"Tidak harus pindah dari pertanian ke industri. Misalnya dari yang menanam singkong ke menanam buah-buahan tertentu, sayuran tertentu (dengan pemanfaatan infrastruktur teknologi) dari lahan yang tidak luas yang dimiliki," ucapnya.

Sponsored