logo alinea.id logo alinea.id

Dato Sri Tahir tukar dollar ke rupiah senilai Rp2 triliun

Tahir mengimbau kepada pengusaha lain untuk menukarkan dollar di dalam negeri.

Cantika Adinda Putri Noveria
Cantika Adinda Putri Noveria Senin, 15 Okt 2018 13:25 WIB
Dato Sri Tahir tukar dollar ke rupiah senilai Rp2 triliun

Pemilik Mayapada Group, Dato Sri Tahir mengunjungi Bank Indonesia (BI) untuk menukarkan dollar miliknya ke rupiah sebanyak Rp2 triliun. 

Pria yang kerap disapa Tahir ini menjelaskan, penukaran dollar ke rupiah, guna menguatkan permodalan Bank Mayapada. 

"Pagi ini saya diterima oleh Bapak Gubernur BI (Perry Warjiyo) dengan menggantikan US$93 juta dan 55 juta dollar Singapura. Kami setorkan ke Bank Mayapada sebagai penguatan permodalan perbankan," jelasnya di Kompleks BI, Senin (15/10). 

Tahir mengaku optimis terhadap perekonomian di Indonesia. Itulah sebabnya, Tahir mengaku lebih memilih menyimpan uangnya di dalam negeri. 

"Kebetulan kamu juga sudah melakukan tax amnesty. Jadi saya pikir daripada taruh di luar negeri, lebih baik dikembalikan ke Indonesia saja," imbuhnya. 

Situasi perekonomian di Indonesia saat ini, tidak sama seperti krisis yang terjadi pada 1997-1998. Saat itu terdapat beberapa krisis yang menghambat perekonomian di Indonesia. Diantaranya banking crisis, currency crisis, dan trade defisit.

Selain itu, tidak ada catatan nasabahnya yang menukarkan rupiah ke dalam dollar. Tahir pun mengimbau kepada pengusaha lain untuk menukarkan dollar di dalam negeri. 

"Pengusaha yang mempunyai uang di luar negeri bisa pindahkan ke Indonesia. Saya optimis dengan ekonomi Indonesia. Stabil, semua hal baik," ujarnya. 

Sponsored

Ke depan, Tahir berencana menukarkan kembali dollarnya, hanya saja belum tahu berapa nanti yang akan ditukarkan.