logo alinea.id logo alinea.id

Emiten IPO perdana 2019, saham FOOD melejit 68,89%

Sebagai emiten IPO perdana pada 2019, saham PT Sentra Food Indonesia Tbk. (FOOD) melejit 68,89% ke level Rp228 per lembar.

Sukirno
Sukirno Selasa, 08 Jan 2019 18:09 WIB
Emiten IPO perdana 2019, saham FOOD melejit 68,89%

Sebagai emiten IPO perdana pada 2019, saham PT Sentra Food Indonesia Tbk. (FOOD) melejit 68,89% ke level Rp228 per lembar.

Direktur Pengembangan PT Bursa Efek Indonesia Hasan Fawzi mengatakan, Sentra Food Indonesia menjadi perusahaan pertama yang tercatat melalui penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) pada tahun 2019 di pasar modal.

"Pencatatan saham Sentra Food Indonesia dengan kode perdagangan FOOD maka jumlah perusahaan di BEI sebanyak 620 emiten," ujarnya dalam sambutan pencatatan saham perdana PT Sentra Food Indonesia di BEI, di Jakarta, Selasa (8/1).

Setelah resmi sahamnya tercatat di BEI, ia menekankan agar perseroan menjaga ekspektasi investor melalui peningkatan kinerja ke depannya.

"Saat ini perseroan sudah berada dalam arena publik yang diawasi oleh regulator pasar modal, jaga ekspektasi investor dengan meningkatkan pertumbuhan di masa mendatang," katanya.

Ia menambahkan untuk menjaga ekspektasi itu, perseroan dituntut untuk lebih meningkatkan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG). "Penerapan GCG, kami harap mampu menarik investor," ucapnya.

Sentra Food (FOOD) bergerak pada bidang Pengolahan Makanan dan Minuman Melalui Perusahaan Anak pada sektor Consumer Goods Industry.

Perseroan melepas sebanyak 150 juta lembar saham atau setara 33,33% seharga Rp135 per lembar saham. Dengan demikian Sentra Food Indonesia meraih dana Rp20,25 miliar.

Sponsored

Presiden Direktur Sentra Food Agustus Sani Nugroho memaparkan dana IPO rencananya akan digunakan untuk meningkatkan setoran modal ke perusahaan anak yakni PT Kemang Food Industries (Kemfood).

"Kemudian oleh Kemfood seluruh dana hasil setoran itu akan digunakan untuk modal kerja seperti membeli bahan baku dan bahan bahan pembantu untuk kegiatan operasional Kemfood," katanya.

Pada perdagangan perdana, saham FOOD bergerak naik 68,89% menjadi Rp228 per saham dari harga perdana. Hingga penutupan, saham FOOD bertahan di level Rp228 per lembar dengan kapitalisasi Rp148,2 miliar. (Ant).