sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Implementasikan BIM, Jakpro sabet ISO 19650 part 1-3

Proses sertifikasi dilakukan CBQA Global Indonesia dalam 2 sesi audit di beberapa lokasi pada 2022.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Rabu, 11 Jan 2023 20:15 WIB
Implementasikan BIM, Jakpro sabet ISO 19650 part 1-3

PT CBQA Global Indonesia memberikan sertifikat ISO 19650 Building Information Modelling (BIM) part 1, 2, dan 3 kepada PT Jakarta Propertindo (Perseroda). Perusahaan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta ini menjadi pemilik proyek (project owner) pertama di Asia Tenggara yang mengantongi pengakuan tersebut.

CBQA Global adalah lembaga sertifikasi, audit, dan pelatihan terpercaya untuk perusahaan nasional maupun internasional. Sertifikat ISO 19650 BIM part 1, 2, dan 3 diberikan karena Jakpro dinilai konsisten mengimplementasikan BIM pada proyek konstruksi dan pengelolaan aset.

Penghargaan secara simbolis diserahkan Direktur Utama PT CBQA Global Indonesia, Yessiva, kepada Direktur Utama Jakpro, Iwan Takwin, di Velodrome, Jakarta Timur, pada Rabu (11/1). Kegiatan turut dihadiri direktur anak usaha dan karyawan Jakpro.

"Kami berharap sertifikasi ini dapat memberikan motivasi lebih kepada Jakpro untuk dapat secara konsisten berinovasi dan bertransformasi digital menjadi BUMD yang semakin unggul, khususnya pada BIM dan digital konstruksi, dalam membangun infrastruktur Jakarta untuk Indonesia yang lebih maju," tutur 

Sponsored

Sertifikat ini merupakan standar BIM internasional yang bertujuan mengonsolidasikan, tata cara, fungsi, metode terhadap implementasi manajemen informasi dengan menggunakan BIM. Adapun BIM adalah penggunaan model digital sebagai representasi dari aset yang dibangun untuk memfasilitasi proses desain, konstruksi, dan proses operasi atau pemeliharaan sebagai informasi yang dapat diandalkan dalam pengambilan keputusan. BIM diterapkan sebagai satu kesatuan pelaksanaan engineering secara digital.

Penghargaan ini disebut sebagai apresiasi kepada Jakpro karena menerapkan BIM dan didukung teknologi, SDM, dan sesuai standar dalam melakukan pembangunan. Misalnya, proyek Jakarta International Stadium (JIS), revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM), serta optimalisasi operasional aset-aset perusahaan.

Proses penilaian sertifikasi ISO 19650 BIM part 1, 2, dan 3 dilakukan CBQA Global Indonesia dalam 2 sesi audit di kantor pusat Jakpro, proyek JIS, dan revitalisasi TIM pada 11-12 Oktober 2022 dan 7-9 Desember 2022. Tim penilai menyaksikan langsung proses dan kepatuhan implementasi BIM oleh Jakpro.

Berita Lainnya
×
tekid