sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

JICA: Total panjang jalur MRT akan lebih dari 55 kilometer

Wakil Presiden Jusuf Kalla, disebut ingin membangun jalur MRT sepanjang 200 km selama 10 tahun ke depan.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Senin, 25 Mar 2019 01:30 WIB
JICA: Total panjang jalur MRT akan lebih dari 55 kilometer

Meskipun peresmian fase pertama MRT hanya 16 kilometer (km), namun sebenarnya panjang jalur utara-selatan 24 km. Oleh karena itu, total jalur MRT utara-selatan dan timur-barat mencapai lebih dari 55 km.

"Jadi jalur selatan-utara totalnya 24 km. Selain itu, kami juga rencanakan membangun jalur timur-barat. Jalur timur-barat itu sekitar 32 km, jadi totalnya jalur selatan-utara dan timur barat adalah lebih dari 55 km," tutur Wakil presiden Japan Internasional Cooperation Agency (JICA) Tanaka Yasushi di Jakarta Pusat, Minggu (24/3).

Sebenarnya setelah proyek pembangunan MRT jalur timur-barat, belum ada rencana pengembangan lagi. Namun, kata Tanaka, Wakil Presiden Jusuf Kalla, ingin membangun jalur MRT sepanjang 200 km selama 10 tahun ke depan.

"Tantangannya adalah bagaimana mereka mau pergi dari stasiun ke kantor. Oleh karena itu, kami terus melakukan pengembangan stasiun dan juga berupaya agar transportasi umum bisa terintegrasi," kata Tanaka.

Tanaka menekankan pentingnya kepercayaan masyarakat dalam mengembangkan budaya yang mendukung proyek MRT tersebut. Oleh karena itu, Tanaka menyarankan agar MRT bisa selalu beroperasi tepat waktu dan sesuai dengan jadwal operasionalnya.

Menindaklanjuti wacana yang dilontarkan Jokowi terkait pembangunan MRT di kota-kota lainnya seperti Palembang, Sumatera Utara, Bandung, Surabaya dan Makassar, Tanaka mengatakan, Jepang bersedia terus bekerja sama dengan pemerintah Indonesia.

Mengenai perincian dana untuk pembangunan MRT jalur timur-barat, Tanaka mengaku belum ada yang ditentukan karena masih pada tahapan perencanaan.

Seperti diketahui, peresmian moda raya transportasi (MRT) bertepatan juga dengan event car free day yang rutin dilaksanakan setiap minggu pagi, sehingga kerumunan warga membludak.

Sponsored

Berdasarkan pantauan repoter Alinea.id, pada pukul 08.30 WIB, lautan manusia telah memadati kawasan sekitar Bundaran Hotel Indonesia (HI), yang merupakan tempat berlangsungnya peresmian MRT fase pertama, Lebak Bulus-Bundaran HI.

Beberapa artis Tanah Air, di antaranya, Nirina Zubir, Reza Rahardian, Chatty Sharon dan Andien, sudah menyapa warga yang berdesak-desakan menanti kedatangan Presiden Jokowi.

Peresmian MRT dimulai dengan sambutan dari Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta Anies Baswedan yang disusul kemudian sambutan dari Presiden Jokowi yang mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan dan ketertiban selama berada di stasiun maupun dalam gerbong MRT.

Sebelum meresmikan MRT fase pertama rute Lebak Bulus-Bundaran HI, Jokowi kembali menjajal kereta MRT. Sekitar pukul 07.30 WIB, Jokowi dan rombongan menuju tujuan akhir Stasiun Bundaran HI.