sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kemenkop UKM: 94% UKM tak gunakan komputer dalam menjalankan usahanya

Hal ini menjadi tantangan untuk melakukan digitalisasi UKM.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Kamis, 08 Jul 2021 16:57 WIB
Kemenkop UKM: 94% UKM tak gunakan komputer dalam menjalankan usahanya

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) berharap kontribusi UKM terhadap produk domestik bruto Indonesia bisa ditingkatkan dari 62% pada 2021 menjadi Rp65% pada 2024. Akan tetapi, masih banyak tantangan yang harus dihadapi UKM untuk mewujudkan target ini.

Kepala Bidang Kemitraan, Deputi UKM, Kemenkop UKM Renaldy Purnomo mengatakan, pandemi Covid-19 membuat UKM menghadapi beberapa tantangan. Berdasarkan data Kemenkop UKM, 22% UKM mengatakan penjualan mereka menurun selama pandemi, 20% UKM mengalami hambatan distribusi, dan 18% butuh modal. 

"Sekarang ini kami betul-betul selalu turun ke lapangan koordinasi dengan dinas yang membidangi Koperasi dan UKM, mendampingi mereka," kata Renaldy dalam Alinea Forum bertajuk "Kebangkitan UMKM Penyelamat Ekonomi", Kamis (8/7). 

Selain dari masalah penjualan, UKM Indonesia juga menghadapi tantangan digitalisasi. Kemenkop UKM mencatat, 94% UKM tidak menggunakan komputer dalam menjalankan usahanya karena literasi digital UMKM masih rendah. 

Sponsored

Padahal, lanjutnya, digitalisasi UMKM dapat menjadi peluang untuk tumbuh di masa pandemi yang membatasi pertemuan fisik. "Konsumen terbatas dengan interaksi fisik, sehingga memiliki peluang besar bagi UKM yang terintegrasi digital. Beberapa dari mereka bisa melanjutkan usahanya selama pandemi," ujar dia. 

Agar UKM bisa masuk ke ekonomi digital, kata dia, banyak UKM yang perlu dilatih bagaimana cara mempromosikan produk mereka melalui teknologi. Dia menuturkan, Deputi UKM telah mempersiapkan pelatihan bagi para UKM dan selama ini sudah berjalan. 

"Sehingga, pelaku usaha bisa mengutamakan teknologi digital memperkenalkan produk yang dihasilkan," tutur dia.

Berita Lainnya

Komisi III DPR RI Sepakati 7 Calon Hakim Agung

Selasa, 21 Sep 2021 11:45 WIB

Pemkot Kediri upayakan tambah ambulans

Sabtu, 10 Jul 2021 18:32 WIB

Minahasa Tenggara Dilanda Banjir Bandang

Selasa, 21 Sep 2021 11:46 WIB

Marvel vs Capcom 2 remaster siap digarap

Selasa, 21 Sep 2021 11:09 WIB